Rabu, 24 Juli 2013

Gak tau mau ngasih judul apa :o

Jadi ceritanya, gw tadi pagi sekitar  jam 09.50an hari Rabu, 24 Juli 2013 disuruh buat nganterin ibu yang hari ini ada undangan ke Lotte Mart. Yaudah akhirnya setelah gw beres siap-siap ternyata ayah aja yang kesana katanya jadi bertiga.
Sebelum kesana, ayah masih ngurusin toko terus ke bank dll. Akhirnya, jam 11.00 ayah menyerah karena toko lagi gak ada orang dan ayah gak bisa kesana. Yaudah akhirnya tugas menyetir diberikan ke gw. Setelah bermacet-macetan dan di jalan baru akhirnya lancar, gw yg belum pernah masuk ke Lotte Mart itu pun ngasih lampu sen buat belok kiri. Ya gw pikir kan aman-aman aja, yaudah gw dengan pedenya belok dan telat liat spion -_-
Betapa kagetnya gw karena ngeliat dari spion ada motor matik jatoh oleng gt karena abis keserempet. Terus gw turun dan si bapak-bapaknya minta ganti uang urut gitu dan nyalahin gw. Gw yang lagi emosi saat itu bilang "Kan saya udah ngasih lampu sen, Pak. Gimana sih kan bapak juga yang cepet bawa motornya padahal di jalur Kiri."
Mana ada bapak-bapak nyinyir ke gw lagi (yang ada di tkp). Gw bilang aja "Ya kan saya udah ngasih lampu sen lagian mobil saya juga lecet."
Bapak itu pun jawab, "Ya saya kira kan mbak tadi mau belok di perempatan bukan disini."
Akhirnya ibu kasian sama anak sd cewek yang dibonceng tu bapak-bapak jadinya dikasih aja 50ribu -__- Mobil baru kok udah lecet zzz Belom sampe 2minggu and it's because of me and my carelessness.
Astagfirullah puasa gw gagal deh kayaknya hari ini karena marah-marah :( *tapi kan emang kapan dan pernah apa puasa lo sempurna yan*
Entah ini subjektif apa gimana, menurut gw ya si bapak itu lah yang salah, gw kan udah ngasih lampu sen kiri terus kenapa dia tetep memacu motornya dengan kecepatan lumayan tinggi di jalur kiri. Aneh deh -__-
Walaupun gw juga salah karena telat liat spion pas mau beloknya. Astagfirullah. Mana setelah itu pas mau masuk ke Lotte Mart-nya udah tutup cobaa. Beuuuh dapet musibah iya, masuk kesananya gak bisa karena tutup.
YaAllah.. maafkan hambaMu yang masih saja mengeluh atas takdirMu :(

Selasa, 09 Juli 2013

Kuliah: Ngekos vs Pulang-Pergi

Okay, gw mau menceritakan berdasarkan pengalaman gw, apa aja plus minusnya ngekos dan pp. Fyi, jarak rumah gw ke kampus IPB Darmaga itu sekitar 15-16km laah. Pas TPB (semester 1 dan 2) tinggal di asrama (walaupun lebih banyak pulang daripada di asrama), semester 3 ngekos di Dramaga Regensi, semester 4 gw putuskan untuk pulang pergi karena beberapa alasan. Here is my experience:

A. Ngekos
   + Bisa ambil banyak kegiatan kampus, kepanitiaan dll.
   + Hemat waktu
   + Banyak temen
   - Gak banyak makanan.   Jadi jarang sarapan kan gara2 males beli makanan :(
   - Baju yang dibawa sedikit :p
   - Gak ada mesin cuci
   - Gak senyaman rumah

B. Pulang Pergi
   + Gizi tercukupi
   + Bisa lebih gonta-ganti baju :D
   - Gak bisa sering pulang malem, dan harus bawa kendaraan biar aman pas pulang
   - Macet, tua di jalan (+/- 30 menit - 1,5 jam untuk 1x perjalanan)
   - Lebih capek, apalagi kalo terlalu banyak ambil kegiatan kampus

1. Mobil
    Selama semester 4, gw akui paling sering ke kampus naik mobil. Abisan kan sayang juga gitu di rumah mobilnya gak kepake, jadinya maslahah kalo gw aja yang pake wkwkwk.
   + Paling aman dan nyaman kalo buat pp
   - Pegel kalau macet
   - Boros Bensin

2. Motor
    Naik motor tuh paling cepet ke kampus, ya 25-50 menit lah nyampe kampus. Tapi gw agak males bawa motor kalo gak karena gw telat berangkat. Karena banyak alasan haha, antara lain:
   - Bau knalpot kendaraan-kendaraan lain, apalagi kalo bus kota tiba-tiba lewat ataupun mobil panther -__-
   - Malas pakai jaket, masker, sarung tangan. Kalo gak pake jaket kan ntar jadi penyakitan, gak pake        masker ntar jerawatan, kalo gak pake sarung tangan langsung belang deeeh pffft
   - Sering ada truk ayam yang lewat. Baunya sampe apal gue iyuuuuuh hahaha
   - Hujan. Repot kaaan kalo hujan :(
   - Kerasa capeknya ngendarain motor15-16km ke Darmaga -___-
   - Kadang punggung pegal hehehehe.
Tapi kelebihannya:
   + Hemat Ongkos. Yaah naik motor ke kampus itu emang yang paling hemat :D
   + Cepat sampai.
3. Angkot
   Kalo gw lagi males nyetir, waktu berangkat lengang, dan gak ada rapat malem, gw memilih untuk naik angkot.
  + Gak pegel
  - Ngantuk
  - Ngetem
  - Lama sampainya
  - Sering ada yang ngerokok sembarangan.
  - Gak aman kalo pulang malem
  - Sering ada mas-mas centil dan tengil
  - Setelah harga BBM naik, tarif angkot naiknya lebay :/
  - Ada aja yang 'aneh'
    Dimulai dari hijabers memakai sunglasses saat sore hari yang mendung, ibu-ibu yang make ringtone aneh, sopir angkot pacaran dan berantem, berantem sama kakek-kakek perokok, pencopet, dan beragam alay lainnya.


Sekian penyampaian dari saya mengenai kelebihan dan kekurangan untuk pulang-pergi ataupun nge-kos ke kampus :D.

Pengalaman ikutan Munas FoSSEI XI

Assalamualaikum teman-teman ataupun silent reader. I just wanna write what I remember when I attended Musyawarah Nasional Fossei on 4th-7th July 2013. 

H-1, 3 Juli 2013
Dari hari sebelum-sebelumnya, gw memutuskan untuk berangkat hari rabu sore ke Munasnya. Walaupun malas-malasan dan belum packing, akhirnya berangkat juga malam harinya. Sempet kecewa sih akhirnya berangkat sendiri gak ada temen dari kampus sendirinya. Honestly, I felt nervous and afraid to go without a friend from the same campus. Abisnya ada aja orang-orang alasannya :( Ada yang bilang kemahalan, mau pulang kampung, mau semester pendek, dan sebagainya dan sebagainya -___- Dikira berangkat bareng 1 cowok dari sesc taunya dia gak bisa.
Ternyata hari itu gw pun harus ke kampus dulu. Yaudahlah ngebut naik motor ke kampus walaupun udah dibilang ayah jangan ngebut haha. Akhirnya, gw memutuskan untuk berangkat jam 7 malam dan diantar ayah :D Alhamdulillah...
Sampe sana, gw udah kayak orang linglung mau registrasi. Fiuuuh, akhirnya beres juga! Pas mureg gw dapat info ternyata itu munas tidur di tenda. Gw langsung mikir dan ngomong dalam hati "Hmmmm yaaaaaaaaa coba aja dulu". Dan hari pertama ini gw tidur di salah satu ruangan kelas di STEI Tazkia yang dijadikan ruang akhwat sementara. Pertama gw pun berkenalan sama teman-teman dari berbagai kampus yang udah ada dalam ruangan itu. Ada dari jabodetabek, jogja, bengkulu, lampung, palembang dll. 
Seperti biasa, gw kalo baru datang di tempat baru susah buat tidur cepet, jadi aja jam setengah 11 malam baru bisa tidur. Sebelum tidur temen-temennya baik banget ngajakin makan bareng padahal gw udah bilang kalau udah makan dari rumah, udah sikat gigi padahal. Pas mau tidur, gw pun (tadinya) berusaha buat tetap pakai kerudung karena khawatir kalau ada cowok lewat. Eeeeeh ada temen baru yang bilang "Buka aja kerudungnya, kasian rambutnya", gw pun jawab "Kalo ada cowok ngeliat gimana?" terus dijawab "Ya itu sih rejeki dia". Gubrak haha yaudah akhirnya gw buka kerudung lagian pintu kamarnya tertutup juga.
Gak terlalu nyenyak tidur selama munas ini. Pas hari itu gw terbangun pukul 2.30 dan susah buat tidur nyenyak lagi :(. Yasudahlah...

Hari 1, 4 Juli 2013
Hari ini gw kira bakal ke BEI tadinya tapi ternyata gak jadi dan SPMSnya diadakan di kampus Tazkia aja. Hmmm okay. Sebelum memulai acara pada hari ini, ada pembukaan acara dulu pake upacara. Yah mayan lah bisa foto-foto sebelum mulai. Gw yang pake kerudung coklat ke-7 dari kanan atas.

Setelah makan dll, acara pertama, ternyata ada FGD (focus group discussion) yang membahas tentang isu-isu ekonomi terkini di Indonesia dan pandangannya menurut perspektif ekonomi islam. Dan tiba-tiba katanya gw suruh bahas yang tentang pertanian karena gw dari IPB. Oh god, gw aja gak terlalu ngerti pertanian cuma kampusnya doang di IPB. Yaudahlah, dengan kemampuan sepik dan 3sks mata kuliah ekonomi pertanian serta 2sks pengantar ilmu pertanian yang gw dapet, gw lumayan memberikan pendapat pada forum ini. HAHAHA *ketawa setan*.
Setelah FGD, kemudian dilanjutkan dengan sekolah pasar modal syariah di Al Hambra (hall kampusnya). Sebenarnya acaranya seru sih nambah wawasan. Tapi gw ngantuk, soalnya kurang tidur dan agak membosankan karena materinya disampaikan agak lambat, kurang cepat kalau menurut gw. 
Setelah acara spms, (kalau gak salah) acaranya ada sedikit talkshow bareng Pak Syafii Antonio di Al-Hambra. Lumayan hehehehe. Setelah itu ada taaruf antar KSEI (kelompok studi ekonomi islam, fyi). Gw kira acaranya bakal gimana taunya games nebak-nebak kuis gitu. Hmmm....
Setelah malam menjelang, gw dan teman-teman akhwat akhirnya tidur di tenda. Iya, seorang Ian tidur di tenda. Karena gw masih belum biasa yaudah tidurnya gak nyenyak gitu. Dasar ian anak kota anak manjaaaaaaaaaaaaa jadi aja gak biasa buat tendaan. Tapi gak seburuk yang gw pikirkan ternyata. Alhamdulillah...

Hari 2, 5 Juli 2013
Sekitar pukul 3 dini hari gw pun terbangun. Hari ini ternyata halaqoh subuh sama Ustadz Arifin Ilham gak jadi. Hmmm yasudahlah gw gak terlalu menantikan acara ini juga. Tapi acaranya tetap ada diganti sama bapak siapaa gitu gw lupa dari univ yarsi kalo gak salah. Setelah mendengarkan acara shubuh inspiratif ini, kami beserta rombongan berangkat menuju Kemenkeu, tepatnya di BKF (Badan Kebijakan Fiskal) dan DJPU (Dirjen Pengelolaan Utang). Di bus gw duduk bersama dua teman baru dari UIKA bernama Lissha dan Maya. Mereka baik dan ramah sekali, senang bisa bertemu mereka dan teman-teman yang lain :D. Selama perjalanan, seperti biasa, gw adalah orang yang sulit untuk cepat tidur dalam perjalanan. Alhamdulillah akhirnya bisa tidur walaupun cuma 20 menit tapi serasa dapet gunung emas *hiperbola*. Rombongan kami pun mendatangi BKF dan sebagian lain ke DJPU. Di BKF, materinya ada 2, pertama tentang subsidi BBM dan SJSN. Nambah wawasan disini, sebagian materi dari subsidi bbm sebelumnya gw udah pernah baca-baca sih di berbagai artikel. 
Setelah menghadiri acara di BKF, gw beserta rombongan langsung berpindah ke lokasi selanjutnya, yaitu Museum Bank Indonesia. Sampai disana, lumayanlah bisa foto-foto di museum.
(ki-ka: Gw, Lissha, Maya, Silmi, <lupa namanya hehehehe maaf>)
Setelah beres kunjungan ke Museum BI, akhirnya kami pun balik lagi ke kampus STEI Tazkia setelah solat ashar. Gw sama Lissha sampe cepet-cepetan buat ngecharge hp dalam bus gitu biar kebagian colokan haha kocak. Sedih dan nyebelinnya, gw tuh orangnya suka susah tidur di perjalanan, padahal sayang banget ini gak dipake tidur!
Setelah kunjungan-kunjungan, acara pun dilanjutkan dengan penampilan regional malam harinya. Padahal gw cuma asal aja bilang pake drama yang kayak gw sama divisi eksternal SES-C peranin pas makrab, eh taunya beneran jadi pake itu. Tapi perannya jadi beda sih. Yaah inti cerita dramanya tuh suami-istri yang berantem setelah suaminya ketahuan main judi. Ceritanya disini gw berperan sebagai "Umi" atau sang istri -__-
Regional Jabodetabek tampilnya urutan hampir terakhir gitu lagi padahal gw udah ngantuk. Tapi akhirnya tampil juga. Sebenarnya gw malu banget ini peran jadi umi. Padahal gw udah bilang "Kak malu ah kalo gw yang jadi peran dramanya.." eh dijawab "Yaudahlah belom banyak yang kenal kan jadi gak usah malu.." Genius thought -____- ya justru karena pada belom kenal gw jadinya maluuuuuuu. Tapi yasudahlah, gw hanya berharap setelah drama itu ditampilkan gak usah ada yang ungkit-ungkit lagi, maluuu wkwkwk.
Eh abis itunya ada yang bilang "Wah tadi keren lho...", Makasih atas pujiannya walau gw gak percaya karena udah pasti itu alay bukan keren, malu tauuu. Sesudah itu, kami pun tidur kembali di tenda kesayangan! :D

Hari 3, 6 Juli 2013
Bangun jam 3 pagi dan langsung mandi solat dll. Acara pagi harinya jadi tuh ada senam/outbond dan IYLF (Islamic Youth Leadership Forum). Gw mah kan tadinya udah pede-pede aja ikutan senam karena yang ikutan IYLF mah buat ketua ksei. Eh taunya tiap ksei harus ada wakilnya, yaudahlah gw langsung ganti kostum dari baju olahraga jadi yang lebih kece dikit.
Sebenarnya, gw tuh malas buat ikutan forum-forum mahasiswa gini. Pembahasannya sangat normatif menurut gw, dan kondisi waktu tidur yang kurang juga bikin ngantuk :(
Setelah IYLF, acara dilanjutkan dengan sidang-sidang Munas-nya. Yah begitulah tadinya gw mau protes masalah tata bahasa eh semuanya keburu "sepakat" yaudahlah gak jadi protes lagian gak penting juga yang mau gw protes hahaha. Yah selama sidang ini, seperti kebiasaan gw biasanya pas kuliah juga begini, gw izin keluar ruangan buat cuci muka, loncat-loncat, ataupun tidur-tiduran di mushola biar agak ilang lah ngantuknya hehehehe :p boleh buat dicoba teman-teman! Lumayan efektif loh :D
Sejujurnya, gw ini udah mengalami pergulatan batin *halah* buat pulang ke rumah aja hari ini karena rumah gw kan lokasinya deket dari sentul, dan balik lagi besoknya. Eh pas istirahat siang apa ya gw ketemu sama Pak Hendri Tanjung, dulu gw pernah jadi sopir buat jemput dia dari rumahnya buat jadi pembicara, ya walaupun dia lupa-lupa inget sama gw. Katanya dia ngisi acara subuh besoknya, yaudahlah gw akhirnya memutuskan buat tetep aja nginep disitu hihi.
Sidang-sidang hari ketiga ini akhirnya beres jam 11.30 malam dan para akhwat pada disuruh tidur terus komisi gw, komisi IV, yang para ikhwannya masih harus rapat sampe jam 2 malam. Alhamdulillah perwakilan dari IPB yang cowoknya udah dateng pas malamnya. Thank you Putra akhirnya Anda datang juga! :""D

Hari 4, 7 Juli 2013
Finally, I met the last day :"D Hari ini sidang-sidang presnas gitu dilanjut penutupan. Selamat buat para presnas terpilih, semoga amanahnya dapat dijalankan sebaik mungkin ya kakak-kakak kece :)
Lebih banyak foto-foto palingan hari ini mah. Eh iya selama di acara ini pasti gw selalu ketemu sama anak UNY angkatan 2012 namanya "Atin" anaknya ramah dan baik deh :) Selain Atin ada Nadia dan Vika dari SEBI. Nice to meet you, girls!
(ki-ka: Nadia, Atin, Dian(gw), Vika)
Sebenernya masih banyak foto-fotonya ntar kebanyakan ah kalau diposting disini hihi. Senang bisa bertemu kawan-kawan baru selama Munas ini. Yang gw sesali adalah... kenapa gw gak bawa lebih banyak baju aja *plak *lah *terserah lo yan. Alhamdulillah gw akhirnya pulang setelah solat maghrib disini. Terima kasih teman-teman baru, teman-teman FoSSEI Jabodetabek, para panitia, teman-teman LO yang sering gw repotin hihi.
(ki-ka: Nisa, Khadijah, Maya, Amel, Lissha)

(sama LO yang kece badai, Faris.)

Akhirnya perjalanan gw selama 4-5 hari ini beres gw tuliskan. Kurang-lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya :). Ternyata pergi sendiri tanpa temen dari sesama organisasi/kampus ternyata gak seburuk yang gw pikirkan. Alhamdulillah... Semoga Allah memberkahi acara ini dan kita semua. Aamiin.