Selasa, 09 Juli 2013

Kuliah: Ngekos vs Pulang-Pergi

Okay, gw mau menceritakan berdasarkan pengalaman gw, apa aja plus minusnya ngekos dan pp. Fyi, jarak rumah gw ke kampus IPB Darmaga itu sekitar 15-16km laah. Pas TPB (semester 1 dan 2) tinggal di asrama (walaupun lebih banyak pulang daripada di asrama), semester 3 ngekos di Dramaga Regensi, semester 4 gw putuskan untuk pulang pergi karena beberapa alasan. Here is my experience:

A. Ngekos
   + Bisa ambil banyak kegiatan kampus, kepanitiaan dll.
   + Hemat waktu
   + Banyak temen
   - Gak banyak makanan.   Jadi jarang sarapan kan gara2 males beli makanan :(
   - Baju yang dibawa sedikit :p
   - Gak ada mesin cuci
   - Gak senyaman rumah

B. Pulang Pergi
   + Gizi tercukupi
   + Bisa lebih gonta-ganti baju :D
   - Gak bisa sering pulang malem, dan harus bawa kendaraan biar aman pas pulang
   - Macet, tua di jalan (+/- 30 menit - 1,5 jam untuk 1x perjalanan)
   - Lebih capek, apalagi kalo terlalu banyak ambil kegiatan kampus

1. Mobil
    Selama semester 4, gw akui paling sering ke kampus naik mobil. Abisan kan sayang juga gitu di rumah mobilnya gak kepake, jadinya maslahah kalo gw aja yang pake wkwkwk.
   + Paling aman dan nyaman kalo buat pp
   - Pegel kalau macet
   - Boros Bensin

2. Motor
    Naik motor tuh paling cepet ke kampus, ya 25-50 menit lah nyampe kampus. Tapi gw agak males bawa motor kalo gak karena gw telat berangkat. Karena banyak alasan haha, antara lain:
   - Bau knalpot kendaraan-kendaraan lain, apalagi kalo bus kota tiba-tiba lewat ataupun mobil panther -__-
   - Malas pakai jaket, masker, sarung tangan. Kalo gak pake jaket kan ntar jadi penyakitan, gak pake        masker ntar jerawatan, kalo gak pake sarung tangan langsung belang deeeh pffft
   - Sering ada truk ayam yang lewat. Baunya sampe apal gue iyuuuuuh hahaha
   - Hujan. Repot kaaan kalo hujan :(
   - Kerasa capeknya ngendarain motor15-16km ke Darmaga -___-
   - Kadang punggung pegal hehehehe.
Tapi kelebihannya:
   + Hemat Ongkos. Yaah naik motor ke kampus itu emang yang paling hemat :D
   + Cepat sampai.
3. Angkot
   Kalo gw lagi males nyetir, waktu berangkat lengang, dan gak ada rapat malem, gw memilih untuk naik angkot.
  + Gak pegel
  - Ngantuk
  - Ngetem
  - Lama sampainya
  - Sering ada yang ngerokok sembarangan.
  - Gak aman kalo pulang malem
  - Sering ada mas-mas centil dan tengil
  - Setelah harga BBM naik, tarif angkot naiknya lebay :/
  - Ada aja yang 'aneh'
    Dimulai dari hijabers memakai sunglasses saat sore hari yang mendung, ibu-ibu yang make ringtone aneh, sopir angkot pacaran dan berantem, berantem sama kakek-kakek perokok, pencopet, dan beragam alay lainnya.


Sekian penyampaian dari saya mengenai kelebihan dan kekurangan untuk pulang-pergi ataupun nge-kos ke kampus :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar