Selasa, 22 Oktober 2013

Makanan Rumahan yang Matching

Kali ini gw mau bahas tentang beberapa makanan ter-enak di dunia menurut lidah gw :D

1. Pempek
Sebagai orang keturunan Palembang (ayah keturunan Sekayu-Musi Banyuasin, ibu keturunan Palembang kota), gw sukaaa banget sama pempek. Apalagi kalo disiram cukanya terus sambil 'minum/ngehirup' cuka. Maknyos bangeeet. Suka banget sama pempek bikinan ibu.
Sering banget nemu pempek abal-abal, nulisnya "empek-empek" lagi, bukan "pempek". Dan ikannya dikit (malah gak ada), terus banyakan terigu drpd sagu :/ rasa cukanya juga pasti manis deh bukan pedes. Aneh :/
Pokoknya seneng banget makan pempek yang baru beres direbus dan masih anget. Bisa langsung abis >5 pempek dan gak makan nasi seharian. Gak ada kata bosen makan pempek! :)))

2. Model
Makanan ini adonannya juga sama kayak pempek (yah paling beda kadar sagu-ikannya). Begitulah masakan Palembang, pasti cuma adonan ikan-sagu yang diolah jadi macem-macem makanan lainnya.
Model ini dalemnya isi tahu. Terus berkuah kayak tekwan. Kalo makan ini biasanya gw campur nasi. Nyaaaammmm.
Selain pempek dan model, banyak sih makanan Palembang lain yang jadi kesukaan gw, misalnya tekwan, laksan, kemplang, salai, rusif(gini bukan sih nulisnya), kari, celimpungan, burgo, kue masuba dan lain2nya. Bahkan gw sering makan martabak kentang ibu, beberapa gorengan, dll pake cuka :D

3. Nasi - Sayur Asem/Lodeh - Ayam Goreng - Ikan Asin - Sambel Ulek
Saat gw nulis postingan ini abis makan ini nih. Salah satu masakan terlezat di dunia. Nyaaammmmm
Pokoknya kalo di rumah ibu masak ini, gak bakal gw sia-siain (re: makan banyak). Hahaha

4. Nasi - Sayur Singkok - Daging Empal - Sambel Ulek
Duh yang ini jugaaa, matching banget pokoknya. Apalagi kalo dimakan pas capek-capek baru pulang kuliah dan masih anget. Kenikmatan duniaaaaa.

5. Nasi - Sayur Capcai - Ikan Gurame Kuning/ Manis Pedas
Ini juga gw seneng, apalagi sambil mecah-mecahin cabe dari bumbu ikannya di piring. Emang bener ya cara makan anak biasanya dari hasil memperhatikan orang tuanya makan....

6. Nasi - Urap - Gurame Manis Pedas
Ini juga enaaak :D

7. Sate Ayam
Suka banget makan sate! Gak cuma sate ayam sih sebenernya, kalo lagi idul adha juga seneng makan sate kambing. Tapi kan yang sering dibeli dari abang-abang yang kaki lima malem-malem sate ayam. Pasti kalo makan ini bareng adik-adik gw jadi rebutan haha.

8. Martabak
Kalo lagi ada nenek dari sebelah ayah ke rumah, pasti ibu beliin martabak. Ada martabak keju dan telor. Nenek Ine doyan ngemil sih :D tapi kalo pesen martabak jangan lupa bilang ke abangnya "jangan pake mecin"!!

9. Roti panggang coklat-keju
Kalo gw yang bikin pasti meses dan kejunya banyaaaaak terus dipanggangnya yang bener sampe meleleh deh tuh coklat dan kejunya. Nyaaaammmmm *lebay*

10. Indomie
Suka makan mie goreng, kari, atau ayam bawang sesuai mood aja lah pokoknyaa hahaha

11. Ketupat - Opor ayam - sambel buncis
Oh iya masakan khas lebaran malah ditulis ke-11. Biasanya, khas palembang (katanya sih), temennya ketupat lebaran itu ya opor sama sambel buncis. Ah pokoknya kalo lagi lebaran lahap banget makan ini.

12. Makanan enak lain yang belum disebutkan disini
Kalo gw ditanya, "makanan kesukaan apa, yan?" Biasanya gw jawab pempek siiih, tapi sebenernya gw suka banyaaak. Tergantung mood aja lagi pengen apa hahaha.

Menurut gw, dunia ini terlalu sebentar untuk memikirkan badan kurus padahal banyak banget makanan enak. Jangan sia2kan :D (yaa tapi gak overweight juga sih hehehehe)

Dalam makan, biasanya banyak unsur culturenya sih. Kalo gw, suku Sumatera, nganggep pas beres makan terus siram air ke tangan  dan piring (gimana sih ini jelasinnya) lumrah dan normal-normal aja. Tapi ketemu temen yang orang Jawa apa Sunda gitu nganggep gak sopan.

Sekian tulisan gak penting gw ini. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar