Rabu, 29 Oktober 2014

Berlaku adil

"Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Maidah ayat 8)

Allah telah berfirman kepada kita semua untuk berlaku adil bahkan ke sesuatu yang kita benci. Sejauh yang saya amati dari sekitar, sangat banyak yang mengambil hak orang lain karena kebencian. Saya pun ga sempurna. Tapi saya mau ngasih beberapa ilustrasi, misalnya nih...

Jadi asisten dosen.. gak suka sama mahasiswa bandel? Ya jangan sampe ngasih nilai gak objektif dan langsung kasih jelek aja karena udah gak suka orangnya.
Jadi ketua acara atau organisasi.. gak suka sama salah satu anggota? Ya jangan dikucilkan atau malah ikut2 gak suka ke orang itu.
Gak suka sama salah satu pasangan capres-cawapres? Ya jangan memfitnah dan menyebarkan berita yang belum tentu benar. Gunanya apa coba.
Gak suka sama salah satu temen kelompok? Ya jangan maruk buat ambil semua tugas, kasih bagian kerja dia juga.
Gak suka sama orang yang bertamu? Ya tetep perhatiin adab menerima tamu lah... kasian.
Benci sama pemerintah karena berbagai sebab? Ya bukan berarti uang subsidi diambil gitu aja buat dimakan pribadi (misalnya di desa).
....dll

Rabu, 08 Oktober 2014

Honestly, there's a cost

Jadi manusia yang banyak kelemahan dan jauh dari kata sempurna, banyak banget perjuangannya ya buat 'kelihatan' dan lebih 'enak'. Apalagi perempuan...

Mau kaki mulus tanpa bulu, harus wax atau laser..
Mau punya badan langsing, harus diet dengan produk komersil tertentu, atau fitness dengan personal trainer..
Mau muka mulus kinclong ga ada jerawat, ke klinik kulit dan rutin pake krim malam krim pagi..
Mau gigi rapih dan putih cling, pakai behel dan bleaching gigi
Mau tampil oke, cantik, dan modis, harus shopping makeup sama baju sepatu tas dulu..

Pffft pffft pffft