Rabu, 19 November 2014

SEE 2014

Akhirnya kepikiran buat nulis ini juga di blog. takut keburu lupa haha.

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh teman teman,
pada tanggal 10-14 November, Alhamdulillah kami para  panitia maupun peserta The 3rd Sharia Economics Excursion 2014 yang berjumlah 26 orang melakukan perjalanan ke Singapura dan Malaysia sebagai study visit ke beberapa lembaga seputar industri halal global maupun keuangan syariah disana.
Kenapa kami pilih Singapura dan Malaysia sebagai destinasi untuk melakukan SEE?
Pertama, masih banyak lembaga yang belum diexplore dari tahun sebelumnya juga. FYI, SEE ini merupakan proker SES-C (Sharia Economics Student Club, yaa sejenis himpro Ekonomi Syariah FEM IPB tapi lingkupnya se-fakultas) yang tahun ini udah tahun ketiga pelaksanaannya.
Kedua, tiket kesana masih relatif terjangkau haha x)) apalagi kan kami mahasiswa yang susah dapat sponsor (padahal udah usaha).
Ketiga, tidak terlalu terkendala bahasa.
....dst dst.

Persiapan acara ini udah cukup lama, tapi nanti aja gw tulis tentang itu di post lain. Sekarang ceritain acara-acara disana:

1. Hari Pertama (Senin, 10 November 2014)
Pada hari ini, 24 orang pertama melakukan penerbangan menggunakan lion air pada pukul 05.15 WIB dan sampai pada 09.15 waktu singapura. 2 orang lainnya menyusul dengan flight pukul 08.00 karena telat memesan tiket. (yaa ada sebagian kejadian tentang kekurangan peserta tapi Alhamdulillah dapat teratasi dengan baik). Sesampai di Bandara Changi Singapura, kami menunggu kedua orang dari penerbangan selanjutnya selama dua jam. Di Singapura, kami melakukan kunjungan ke dua lembaga (sebenarnya rencana awal hanya ke MUIS(Majelis Ugama Islam Singapura), tetapi MUIS sedang banyak kegiatan dan sibuk hingga akhir tahun):

-Financial Alliance Islamic Wealth Advisory (FAiWA)
FAiWA adalah bagian/unit syariah dari Financial Alliance (FA) Singapura. Disini kami akhirnya mengetahui bagaimana perencanaan keuangan secara syariah yang dilakukan oleh FAiWA.

-Singapore Halal Culinary Federation (SHCF)
Disini itu tempat berkumpulnya chef-chef yang jago masak dan hanya masak masakan halal. Di Singapura itu kan kebanyakan orang sulit untuk mencari makanan halal, jadi chef-chef disini membentuk federasi kuliner halal. Seru lah pokoknya disini :D berasa pengen lama lama disitu haha. Kita disini gak hanya ngeliat perspektif halal dari ulama-ulama, ekonomi, dll.. tapi dari chef, orang yang masaknya langsung! Seru dehhh pokoknya, apalagi disini dapat makanan, dapat roti maryam campur kari gitu. kalo menurut gw sih rasa dan bentuknya mirip kayak ayam kalio yang sering dimasak ibu di rumah haha. Terus kita juga mencicipi sejenis puding telur gitu (maaf kurang mengerti itu masakan namanya apa), rasanya enaaaaaaaaak banget dehh, kalo gak tau malu mah udah gw taro di lock n lock yang gw bawa -__-
Abis itu kita dapet buku resep makanan-makanan halal gitu deh dari mereka, lumayan buat nanti gw coba sok-sokan masak hihihi walaupun bahasanya bahasa inggris dan melayu. yaa kalo bahasa melayu mirip sih sama bahasa Indonesia, tapiiiiiii banyak kosakata beda yang bikin ga ngerti '__'

Setelah kita foto-foto di Merlion Park, terus lanjut ke Bugis Street buat beli oleh-oleh. Habis itu jalur darat deh ke Malaysia. Alhamdulillah kita sampai ke kondominium tempat menginap pukul 02.30 dini hari.

2. Hari Kedua (Selasa, 11 November 2014)
Pada hari ini, ada 2 lembaga yang kami kunjungi, yaitu:
-Bank Negara Malaysia
Disini sama kayak kunjungan tahun lalu aja sih sebenernya, tapi kan kebanyakan dari kami gak ikut yang tahun lalu. Nih kalo kunjungan yang tahun lalunya liat aja di post lama http://ramadhian-kurnia.blogspot.com/2013/11/press-release-kegiatan-2nd-see-sharia.html
Disini lumayan seru lah buat foto-foto di museumnya, hampir mirip Museum Bank Indonesia aja kali ya cuma bedanya ini isinya seputar Bank Negara Malaysia.

-Suruhanjaya Sekuriti/Securities Comission Malaysia
Disini kita gabung sama mahasiswa S2 dari IIUM/UIAM (International Islamic University Malaysia/Universitas Islam Antarbangsa Malaysia), acara disini sih asik-asik aja malahan abis itu kan kita dapet makan hahahaha *namanya juga mahasiswa*

Setelah kunjungan ke BNM dan SC, kita melanjutkan perjalanan hiburan ke Suria KLCC Malaysia, berfoto di Petronas Twin Tower. Yaaa lumayan refreshing setelah kunjungan ke 2 lembaga :)

3. Hari Ketiga (Rabu, 12 November 2014)
Pada hari ini, kami juga ke 2 lembaga, yaitu:
-IIUM (International Islamic University Malaysia)
Walaupun acara disini banyak kekurangannya, tapi tidak mengurangi kesenangan kami dalam kunjungan di IIUM. Alhamdulillah karena lagi hari kuliah jadi banyak jajanan gitu, kalo tahun lalu kan kesana pas lagi weekend jadi ga banyak mahasiswa disananya. Walaupun gw pribdi ga beli jajanan apa-apa, ya bagus sih timbangan ngurang sedikit pulang dari sana.Kalo tahun lalu pas kesana lagi ada nikah masal sih, sekarang ga adaa *perlu diceritakan*

-HDC (Halal Industry Development Coorporation)
Disini nambah ilmu banget dan berkesan pokoknya, jadiii di Malaysia tuh selain ada lembaga untuk sertifikasi halal, juga ada lembaga untuk ngurus halal market dan industrinya gitu. I adore the government of Malaysia, they have a good sense of sharia industry, and their culture is really 'islamic'.
Setelah nanya-nanya ke Manager yang ngasih presentasi, ternyata di Malaysia memang ada peraturan bahwa setiap makanan itu harus ada logo halal dari JAKIM, tapi sanksi yang tertulis di Undang-undang juga ga pernah direalisasikan. Kalo pas kita pembekalan di MUI yang di Bogor di Indonesia juga bakal ada peraturan itu katanyaa. Alhamdulillah.
Yang paling terakhir, kita disini dapet makan hahaha, enak siih roti jala pake daging kuah kari gitu, enaak haha. Nenek pernah masak sih makanan kayak gitu, tapi waktu itu gw ga suka -___-

Setelah kami beres kunjungan hari ini, lalu dilanjutkan dengan membeli oleh-oleh cokelat di Beryl's Chocolate Kingdom. nyammmm, habis itu acara bebas. Sebagian pada milih ke Bukit Bintang (mall), sebagian lagi, termasuk saya, pergi ke Petalling Street dan Pasar Seni. Borooooong deh oleh-oleh *yaa ga borong juga sih*
Habis itu kita pulang ke penginapan pake transportasi umum, ini salah satu momen favorit saya selama SEE ini. Pengalaman banget buat naik RATnyaa.

4. Hari Keempat (Kamis, 13 November 2014)
Hari ini kunjungan hanya 1 tempat, yaitu ke Pusat Pungutan Zakat Malaysia. Disini asik deh kita jadi lebih tau tentang per-zakat-an di Malaysia. Kunjungan di PPZ ini adalah salah satu momen berkesan bagi saya. Alhamdulillah :)

Setelah kegiatan dan kunjungan resmi kami selesai, kami melanjutkan wisata ke Genting Highland.. sebenernya seharusnya sebelumnya ke Batu Caves sih, tapi sayang lagi hujan :( padahal di tempat ini lumayan berkesan pas tahun lalu sih..
Di Genting Highland lumayan deh ya naik cable car, asik deh momen ini, salah satu hal yang berkesan juga sih *hampir semua berkesan*. Lumayaan di FOS bisa belanja dengan diskon 10% dari nunjukkin paspor.
Setelah dari genting, ada hujan deras dan sebagian dari peserta ada yang mau pulang dan ada juga yang mau belanja dulu. Saya sudah capek dan puas berbelanja... tadinya sih kepengen doang ke KL Tower tapi kan buat orang asing semacam gw lebih mahal biaya masuknya, tapi bisa kali yaa pura pura jadi orang Malaysie jadi lebih murah...

5. Hari Kelima (Jumat, 14 November 2014)
Hari ini akhirnya kita pulang... sejujurnya selama disana saya sangat rindu dengan rumah hihi. Pertama kita ke Putra Jaya, yaa lumayan lah buat dikit-dikit kesana sebelum flight jam 1. Setelah dari jalan-jalan di Putra Jaya, Alhamdulillah kita pulang dan sampai dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta lalu sampai di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar