Kamis, 01 Juni 2017

London Trip Day (part 1)

Awalnya pas browsing harga tiket pp ke London, paling murah itu Malaysia Airlines. Tapi setelah itu ada drama semua harga naik besoknya padahal pas malamnya gw cek masih murah :(. Eh tiba-tiba ketemua harga murah pp tanggal 12-20Mei Vietnam Airlines, 7.5juta pp. Ya udah akhirnya kita (gw dan Lady) naik pesawat ini. Pengalaman naik pesawat ini, enak dan nyaman aja kok pelayanannya sih tapi yang disayangkan makanannya sering mengandung babi, selain itu rasanya kurang cocok di lidah gw yang seringnya makan pempek ini.

Berangkat dari Soekarno Hatta flight jam 13.45 dan sampe transit di Ho Chi Minh, Vietnam sekitar jam 17.30. Sebagai jiwa muda yang haus jalan-jalan, kita pun keluar dari bandara dengan modal 110.000 Dong Vietnam hasil nuker di Soekarno Hatta 100.000 Rupiah. Pas mau keluar kita bingung mau kemana wkwk. Akhirnya kita ke Benthanh Market naik shuttle bus setelah bingung kesananya mau gimana. Dan gw senang ternyata dalam shuttle bus ada wifi gratis lohh.

Sampai benthan market gw nyari-nyari tempelan kulkas atau gantungan kunci murah buat oleh-oleh dan foto-foto. Ternyata harga-harga suvenir di Vietnam agak sadis juga sodara-sodara buat gw yang irit dan agak pelit. Gw akhirnya beli 3 biji gantungan kulkas yang paling murah seharga 8.000Dong. Daripada emak gw marah-marah karena gw ga beliin. Awalnya gw kira benthan market ini lokasinya kayak street market gitu yang kayak di Malaysia atau Singapura, tapi ternyata mirip-mirip pasar anyar atau pasar bogor bagian bawah becek dan baunya ya begitulah hehehe.

Setelah muter-muter dan lumayan capek dan harus ngejar flight lagi, kita beli eskrim milo di minimarketnya. Seingat gw ada logo halalnya di eskrimnya. Kita pun kepo-kepo dan nanya ke orang dimana bisa nunggu shuttle bus buat balik ke bandara lagi. Dan setelah ngobrol-ngobrol sama mba-mba yang lagi nunggu bus juga, ternyata dia warga negara Filipina yang lagi nemenin suaminya kerja di Vietnam dan dia tinggal di dekat bandara. Kita nungguin shuttle bus lama banget dan mba itu juga mengeluh karena kata dia biasanya tidak selama itu.

Dia pun gak sabar menunggu shuttle bus dan ngajak kita buat ikut ke taxinya. Sebenernya kita ngerasa agak takut terus dia bilang sambil nyengir "It's okay I'm good". Dalam mobil dia cerita kalo dia sendiri belum bisa bahasa Vietnam karena susah dan membingungkan, dan mendengar kita mau ke London dia bilang kalo dia sempet traveling juga ke Eropa sama suaminya dengan menyewa mobil selama jalan-jalan disana. Saking asik ngobrol gw hampir lupa nanya nama dia dan sebelum gw turun dia bilang kalo nama dia Iden. Dia bayarin taxinya 100ribu dan gw sama lady bayar sisanya wkwk. Sungguh beruntung bertemu mba-mba penyelamat dari nunggu shuttle bus di Vietnam.

Akhirnya kita pun sampe bandara dan gw sempet kebingungan mau makan apa karena kelaparan akhirnya dengan uang terbatas gw minum susu dan makan snack yang paling murah -___-. Setelah menunggu lama akhirnya kita naik pesawat dan ternyata yang paling pinggir yang duduk sebelah Lady adalah bule menurut gw ganteng tapi kata Lady tidak wangi wkwk. Pas dapet makanan gw yang udah kelaperan langsung aja makan yang penting perut keisi walau rasanya kurang cocok di lidah gw. Karena ini kali pertama gw dalam penerbangan panjang rasanya bosan banget walau udah nyoba tidur tapi kan ada saatnya terbangun dan gw yang kekurangan hiburan nonton film dan main games di layar hiburan yang ada di depan kursi gw duduk. Kulit bibir atas gw sampe berdarah saking kekeringan.

Makan kedua yang uang gw nanti-nantikan karena perut kelaparan pun datang. Dan bodohnya gw, malah pilih omelette yang ternyata babi T_T. Gw nanya bule sebelah lady dan kata dia itu emang pork. Hiks. Untungnya ada roti polosan yang bisa ngisi perut. Akhirnya setelah penantian panjang dan ga sabaran gw sampe di Heathrow. Bagi orang Indonesia seperti gw yag membuat kurang nyaman selama di Inggris itu WC klosetnya semua tanpa air. Hmmm.

Imigrasi Inggris gak repot dan awalnya sempat membuat gw khawatir semisal disuruh lepas jilbab, ternyata salah satu petugas imigrasi mereka berhijab. Karena gw pergi berdua jadi langsung aja berduaan ke loketnya. Ditanya kemana aja selain London, gw jawab ke Manchester, York, dan Durham. Bapaknya pun nanya "Why Durham?" agak bingung wkwk. "She wants to look up for Durham University", udah akhirnya dicap aja dan kita nunggu bagasi. Setelah nunggu bagasi gw sempet mau beli simcard tapi gajadi beli dan ternyata emang di luar bandara lebih murah harga simcardnya walaupun beda tipis.

Gw booking kamar melalui airbnb dan bukan hotel di daerah Stoke Newington, zona 2 di london, semalam kalau gasalah sekitar 600ribuan. Beruntungnya gw pilih rumah tersebut karena hostnya super duper detil. Dijelasin transport dari bandara step by step buat nyampe rumahnya. Sebelumnya gw beli kartu oyster dan isi saldo kartunya 30pounds buat transport selama disana. Karena disana Mustafa (pemilik rumah) lagi gaada, kita disambut temannya yang namanya Mert. Dodol juga gw nginep di tempat yang isinya cowo semua hahahah. Eh tapi ternyata ada Mba2 yg kayanya dari Turki atau Suriah gitu dari fisiknya, pas gw masak gw sempet liat satu kali.

Setelah bersih-bersih, mandi, kita akhirnya keluar ke daerah neighborhood buat beli simcard, air putih, dll. Sempet sok mampir ke taman gitu ternyata itu cemetery alias kuburan -_-. Dan ternyata tempat kita tinggal itu dekat banget sama Emirates Stadium. Akhirnya kita kesana jalan kaki dan sangat kedinginan karena cuaca lagi berangin. Dan di hari pertama sampe sekitar hari ketiga gw masih sariawan yang cukup menyiksa kalo lagi makan :(.

Setelah puas muter-muter, foto-foto dan liat-liat di daerah situ akhirnya kita balik lagi ke daerah Finsbury Park Station dan nemu toko fried chicken halal. Kita makan bentar disitu dengan niat mau menghangatkan badan juga tapi pintunya malah dibuka. Setelah makan kita pun menemukan "surga" wkwkwk alias toko one pound. lumayan kan beli makanan yang bisa sekaligus jadi oleh-oleh dengan harga murah (relatif ya, jangan selalu dikonversi ke rupiah kalo lagi jalan-jalan).
Karena masih jetlag akhirnya kita putuskan untuk istirahat aja dulu pas sorenya di penginapan.

.......to be continued in the next parts.